• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Serem amat kehidupan kerja gw!!

Samantha

IndoForum Senior B
No. Urut
43737
Sejak
17 Mei 2008
Pesan
6.450
Nilai reaksi
157
Poin
63
gw mendadak diangkat jadi manajer di tempat gw kerja.. ngegantiin kakak gw..
eh eh eh..
gw kan gak pernah tuh yang namanya mecat karyawan..
sekalinya gw mau mecat, ada dua karyawan yang kudu gw pecat..

pie iki????
tanggal 5 july besok, sih -_-a
 
pengalaman saya....
dengan bergantinya manajemen, jangan dimulai dengan memecat lho....:D

kalau emang ada karyawan yang bikin masalah di manajemen lama...
mungkin aja, dengan kamu yang memegang manajer, mereka akan berubah...

saran saya...;)
kamu sebagai manajer baru, kamu diberi tugas awal untuk memanage sesuai kebutuhan di tempat kerja..
awalnya, alangkah baiknya kamu memberi suasana yang lebih fresh
dengan membuat atau menyempurnakan peraturan yang ada...

usahakan jangan bikin action yang membuat suasana menjadi shock, bagi karyawan...:D

saya pernah mengalami suasana, dimana ada karyawan yang selalu membikin ulah di manajemen lama...
waktu itu, sejak saya pegang kendali, semua aturan saya sempurnakan,
dan saya kasih penekanan dengan konsekwensi yang jelas...

apa yang terjadi...!
karyawan yang dulunya nyaris masuk daptar blacklist, mulai beradaptasi dengan aturan saya sebagai manajemen baru waktu itu...
dan mulai serius dan tidak mengulangi kesalahan lama...
saya aja dalam hati menekankan
kalau sekiranya kesalahan lama dia ulangi, bakal langsung di Banned permanen/ fire..!:))

alhamdulillah, semua prediksi saya tidak terjadi,
alias semua malah makin giat dan tekun mengikuti saran2 dan advice saya..
dan sekarang salah satu mereka malah yang menjadi manajer menggantikan saya...:))
sebab dianya sdh mengerti segala trik dan solusi dalam perusahaan...
dan sekarang malah makin berkembang di tangan dia....

bukan bermaksud mendikte kamu lho Nada...
sekedar bertukar pengalaman aja....;)
keep working....;)
 
masalahnya begini, kang..

untuk operator yg mau saya berhentikan..
- dia suka meremehkan peringatan / teguran yang saya kasih. dan dia juga menganggap sepele apa yang teknisi kami katakan mengenai komputer operator (tidak boleh membuka deep freeze. udah diganti password, masih dibobol juga)
- gak pernah menjaga kebersihan
- libur semaunya (walau dua kali, tp dia seenaknya. tuker shift jg gitu. seenaknya, giliran yang lain mau tuker shift, dia gak mau.. jadinya, saya lagi yang lembur.. capek!! Kalau saya bilang, "mas, dipending dulu ya liburnya. capek saya belum abis.." dia akan jawab, "Oh gak bisa. bagaimana pun, saya tetep libur..")
- dateng telat semaunya (katanya sih ngebales saya. yang kalau shift 2 suka telat. padahal, telatnya saya, saya emang sengaja. karena, kalo dipagiin, dia malah gak cepetan selesai ganti shiftnya. masih main game dan alasan update sesuatu. kalau saya telat dikit, dia tetep aja gitu. selesai shift 1 jam 8, dia molor sampe jam 9. dan kalau giliran dia shift 3, saya shift 2 (selesai jam 4 sore) dia telat sampe jam 5!!)
- juga, dia gak bisa jaga shift 2 karena mendouble (ngajar) di tempat lain. maaf, saya capek di shift 2 terus. saya gak punya jadwal libur. bisanya cuman tuker shift. tp op ini gak bisa dan susah sekali kalau dimintain tuker shift. alasan segudang!! padahal, kalo hari minggu kan sekolah libur. masa dia ngajar!

untuk yang office boy mau saya berhentikan..
- menganggap remeh rules yang ada
- kalo bersih-bersih.. cuman pas saya suruh. kalo gak disuruh gak jalan!
- telat seenaknya. kalo ditanya, "gak ada, di rumah.. tidur!"
- waktunya lembur, dia gak lembur. alasan bejibun
- kadang gak masuk kerja tanpa kabar. kalo pun ngabarin, sms pas jam kerja udah lewat 4 jam! bahkan gak ngabarin sama sekali
- suka nonggo. main di warnet orang! padahal, di warnet aku udah kehilangan harddisk 2, memory 4, processor 4!

aku gak bermaksud kejam..
tapi, kalo bos besar tau semua ini..
dia pasti marah.. dan berpikir, aku gak kerja dengan baik..
lagi pula, "ngapain ngebayar orang yang gak sungguh-sungguh kerja? di luaran sana, bejibun pengangguran pengen kerja, kok yang dua ini malah meremehkan!"
hew!
aku udah dikritik sama karyawan lainnya, "Mbak, yang teges dong sama karyawannya. kalo dibiarin nanti ngelunjak.."

ya ampun.. pusing gw
 
weiiits......edhan juga yah ntu OP ama OB..../swt/swt
masak bisa harddisk, memory, processor hilang...??
wkwkwkw....=))

ya udah, semua itu sebenarnya tergantung kamu aja sih... ;)
kamu emang punya hak utk itu... :D
kalau itu yang terbaik, ya ngapapa....:-bd

saya jadi ingat ama karyawan saya, yang pernah ngerugi ampe setengah kilo...
edhuunnn banget tu orang waktu itu....
akhirnya emang nggak dipecat langsung sih, tapi baru belakangan ini dia dikeluarin....:))
 
apa sudah ditegur ?
kalo teguran sudah, apa suda diingatkan akan konsekuensi nya ?

kalo memank teguran dan konsekuensi sudah diingatkan, masih juga nekad..
yah di skors dulu aja beberapa hari ga usa kerja..
dan setelah mereka kembali, tanya dgn serius.. apa masih mau kerja ?
kalau masih bebal, ya keluarkan saja..
tapi.. paling tidak, langkah2 pengeluaran itu sudah jelas dilakukan karena mereka yg tdk mau berubah..
bukan karena emosi semata.. :D


untuk pengamanan warnet bisa gunakan casing CPU yg digembok, dan setiap pengunjung dilarang membawa TAS/JAKET ke dalam lingkungan warnet../ok
 
wah, jadi mau diberhentiin mereka berdua? wah sam.... aku gak bakal tahan jadi dirimu. pasti pusing tujuh keliling. aku aja ngurusin bayi landakku juga pusing ini... apalagi ngurusin manusia, ya...
aku sebagai teman samantha, yang sering ke warnetnya juga, tau loh sama keduanya ini.
aku juga pernah melihat samantha menegur mereka. tapi yang ada, op nya malah ketawa-ketawa, dan ob nya malah ngata-ngatain sam dengan badword, yang aku sendiri gak mengerti artinya. karena menggunakan bahasa madura.
 
"ngapain ngebayar orang yang gak sungguh-sungguh kerja? di luaran sana, bejibun pengangguran pengen kerja, kok yang dua ini malah meremehkan!"
hew!
kyaknya jawaban yg pas nih.../no1

pecat aja orang ky gtu...kl dah 2~3 kali dibilangin...

skarang cari kerja skarang susah... malah dianggap main-main...
makanya sering keulang lagi pelanggaran dr karyawannya mungkin mreka kira peraturannya masih bisa ditolelir...

bisa rugi kerjain orang kyak gitu.../wah
mesti disiplin kerja,
m059.gif
 
kyaknya jawaban yg pas nih.../no1

pecat aja orang ky gtu...kl dah 2~3 kali dibilangin...

skarang cari kerja skarang susah... malah dianggap main-main...
makanya sering keulang lagi pelanggaran dr karyawannya mungkin mreka kira peraturannya masih bisa ditolelir...

bisa rugi kerjain orang kyak gitu.../wah
mesti disiplin kerja,
m059.gif

emang kalo dilihat secara tegas ya solusinya Pecat...!!!

tapi saya lebih menyukai bahasa @Ozma.....:D
bahwa solusi akhir memecat kalau bisa dilalui dengan prosedur2...
kita sebaiknya melihat dengan kaca mata yang lebih arif sebelum menggunakan hukuman akhir "pecat"...

apa sudah ditegur ?
kalo teguran sudah, apa suda diingatkan akan konsekuensi nya ?

kalo memank teguran dan konsekuensi sudah diingatkan, masih juga nekad..
yah di skors dulu aja beberapa hari ga usa kerja..
dan setelah mereka kembali, tanya dgn serius.. apa masih mau kerja ?
kalau masih bebal, ya keluarkan saja..
tapi.. paling tidak, langkah2 pengeluaran itu sudah jelas dilakukan karena mereka yg tdk mau berubah..
bukan karena emosi semata.. :D


untuk pengamanan warnet bisa gunakan casing CPU yg digembok, dan setiap pengunjung dilarang membawa TAS/JAKET ke dalam lingkungan warnet../ok

kita pake ilustrasi wasit aja....
contoh....
dalam sepakbola ada rule dua buah "kartu kuning" sama dengan "kartu merah"...;)
seperti itu juga dalam moderasi oleh para moderator, nggak langsung kasih kartu merah khan....?;));))
ada prosedur dan pertimbangan sebelum mmutuskan apakah orang ini pantas mendapat kartu apa tidak..

ngertikan maksudnya....:D
 
semua keputusan ada di tangan Sam sekarang.
 
weiiits......edhan juga yah ntu OP ama OB..../swt/swt
masak bisa harddisk, memory, processor hilang...??
wkwkwkw....=))

ya udah, semua itu sebenarnya tergantung kamu aja sih... ;)
kamu emang punya hak utk itu... :D
kalau itu yang terbaik, ya ngapapa....:-bd

saya jadi ingat ama karyawan saya, yang pernah ngerugi ampe setengah kilo...
edhuunnn banget tu orang waktu itu....
akhirnya emang nggak dipecat langsung sih, tapi baru belakangan ini dia dikeluarin....:))

wah iya dulu waktu aku masih di toko emas... sampe rugi Rp 800 rb. Padahal, aku udah gak mau ambil barang, yang ternyata campuran dengan kuningan. karyawan ku sok tau...

apa sudah ditegur ?
kalo teguran sudah, apa suda diingatkan akan konsekuensi nya ?

kalo memank teguran dan konsekuensi sudah diingatkan, masih juga nekad..
yah di skors dulu aja beberapa hari ga usa kerja..
dan setelah mereka kembali, tanya dgn serius.. apa masih mau kerja ?
kalau masih bebal, ya keluarkan saja..
tapi.. paling tidak, langkah2 pengeluaran itu sudah jelas dilakukan karena mereka yg tdk mau berubah..
bukan karena emosi semata.. :D


untuk pengamanan warnet bisa gunakan casing CPU yg digembok, dan setiap pengunjung dilarang membawa TAS/JAKET ke dalam lingkungan warnet../ok

ditegur?
dari paling alus, sampe gak alus lagi.. UDAH.
OP nya aq tegur..
aku: "mas, kan udah dibilangin sama Teknisinya, jangan install yang gak penting.. Nanti rusak gimana?"
dia jawab: "kan tinggal di restart aja.. wong ada deep freeze nya.."
aku: "ya, emang ada deep freeze. tp kalo terus-terusan di restart kan kasian harddisknya. bisa cepet soak."
dia jawab: "siah kamu, tuh. kayak aku yang gak tau komputer aja!"
caraku ngejawab ya seperti yang teknisiku bilang tiap kali check up.

kalo ob nya ditegur..
aq: "ki, kamu tuh kalo telat kira-kira, dong. masa sampe dua jam (ini cerita tadi pagi. dia mestinya masuk jam 8, malah dateng jam 10!) gini."
dia: "ah, kamu juga sering telat.."
aq: "emang aq pernah telat sampe dua jam setiap hari?"
dia: "jan*uk, kon!"

atau..

aq: "ki.. meja nomer dua bersihin. banyak botol softdrink belum diberesin.."
dia: "ah, jan*uk! ojok cerewet lah, cuk!"

dasarnya aq gak pernah misuh orang ya... aku gak tau begimana balesnya. dan aku ini orangnya gak mau cari ribut dan memang kurang bisa tegas, jadi aku diam aja, menahan rasa sakit hati. toh, marah dengan diam, adalah sunnah rasul..

wah, jadi mau diberhentiin mereka berdua? wah sam.... aku gak bakal tahan jadi dirimu. pasti pusing tujuh keliling. aku aja ngurusin bayi landakku juga pusing ini... apalagi ngurusin manusia, ya...
aku sebagai teman samantha, yang sering ke warnetnya juga, tau loh sama keduanya ini.
aku juga pernah melihat samantha menegur mereka. tapi yang ada, op nya malah ketawa-ketawa, dan ob nya malah ngata-ngatain sam dengan badword, yang aku sendiri gak mengerti artinya. karena menggunakan bahasa madura.

iya, Mar.
gak tahan, aq..
tadi aja aku minta tuker shift sama op nya. kan kebetulan sekarang liburan sekolah panjang.. jadi, masa tuker shift sekali aja gak bisa. ternyata emang gak bisa. ada alasan a i u e o. wes, ENOUGH..
aku kan juga manusia. badanku bukan baja! aku capek!
 
ditegur?
dari paling alus, sampe gak alus lagi.. UDAH.
OP nya aq tegur..
aku: "mas, kan udah dibilangin sama Teknisinya, jangan install yang gak penting.. Nanti rusak gimana?"
dia jawab: "kan tinggal di restart aja.. wong ada deep freeze nya.."
aku: "ya, emang ada deep freeze. tp kalo terus-terusan di restart kan kasian harddisknya. bisa cepet soak."
dia jawab: "siah kamu, tuh. kayak aku yang gak tau komputer aja!"
caraku ngejawab ya seperti yang teknisiku bilang tiap kali check up.

kalo ob nya ditegur..
aq: "ki, kamu tuh kalo telat kira-kira, dong. masa sampe dua jam (ini cerita tadi pagi. dia mestinya masuk jam 8, malah dateng jam 10!) gini."
dia: "ah, kamu juga sering telat.."
aq: "emang aq pernah telat sampe dua jam setiap hari?"
dia: "jan*uk, kon!"

atau..

aq: "ki.. meja nomer dua bersihin. banyak botol softdrink belum diberesin.."
dia: "ah, jan*uk! ojok cerewet lah, cuk!"

dasarnya aq gak pernah misuh orang ya... aku gak tau begimana balesnya. dan aku ini orangnya gak mau cari ribut dan memang kurang bisa tegas, jadi aku diam aja, menahan rasa sakit hati. toh, marah dengan diam, adalah sunnah rasul..
:)
samantha pernah baca, tentang beda seorang BOS dan pemimpin ?
BOS mengendalikan bawahannya;
PEMIMPIN melatih mereka

BOS mengandalkan kekuasaan;
PEMIMPIN mengandalkan niat baik

BOS menginspirasikan rasa takut;
PEMIMPIN menginspirasikan semangat

BOS mengatakan ” Saya “;
PEMIMPIN mengatakan ” Kita “

BOS berkata, “Anda harus datang ke sini tepat waktu”;
PEMIMPIN datang lebih dulu dari batas waktu

BOS memberikan tuduhan ketika ada masalah;
PEMIMPIN memberikan jawaban

BOS tahu bagaimana mengerjakan sesuatu;
PEMIMPIN memberikan contoh

BOS berkata, “Pergi”;
PEMIMPIN berkata, “Mari kita pergi”

BOS menggunakan bawahan;
PEMIMPIN mengembangkan mereka

BOS melihat hari ini;
PEMIMPIN juga memandang ke hari esok

BOS memerintah;
PEMIMPIN meminta

BOS selalu sibuk;
PEMIMPIN selalu punya waktu

BOS memikirkan benda – benda;
PEMIMPIN memikirkan orang

BOS memberitahu bawahan posisi dirinya;
PEMIMPIN memberitahu bawahan posisi mereka

BOS bekerja keras untuk menghasilkan sesuatu;
PEMIMPIN bekerja keras agar bawahannya dapat menghasilkan sesuatu

BOS mencari pujian;
PEMIMPIN menberikannya

sumber

Intinya :
seorang pemimpin..
itu mengarahkan dan bekerja sama dgn anak buahnya..
mereka memberikan petunjuk melalui teladan..

seorang BOS
hanya melihat segala sesuatu dari dirinya, melihat keburukan anak buahnya
hanya memerintah, tanpa sanggup menjadi teladan yg baik bagi anak buahnya..


Buat saya, hal yg kamu alami itu hal yg wajar sih..
Dan saya yakin SEMUA MANAGER di dunia ini mengalami HAL yg sama pada awalnya..
Dillema yg sama..Namun bagaimana cara menghadapinya..
menentukan akan jadi seperti apa kamu kedepan
seorang BOS atau seorang pemimpin ? :D


Kalau jadi BOS, kamu akan sering kali makan hati..
Karena orang2 "species" smacam ini tuh bukan cuma 1 - 2 orang.. /gg


Dalam kasusmu, kalo memank peringatan dan teguran keras sudah diberikan
namun tidak mempan, ya sudah.. berikan keputusan terakhir yaitu pecat sajah.. >:)
 
aku bukan bos, kok... -_-a
aku cuman manajer merangkap op yang gajinya gak berubah!! sama!!

anyway.. besok aku berhentiin op nya
Ya Allah.. give me some strong.. :(
setelah itu ngajarin op baru..
sekarang lagi bikin job deskripsi yang baru beserta sanksinya.

guys, makasih ya, udah support dan kasih saran untuk aku...
makasih udah jadi tempat curhatku..

aku percaya..
semua hal pasti ada yang pertama kali..
kalo gak dicoba ya gak bisa-bisa..
kalo pun besok mungkin caraku kurang berkenan (aku udah belajar dan ngapalin apa yang harus ku omongin loh haha)
ya next time kalo ada kejadian serupa aku bisa belajar dari pengalaman ini. tapi aku harap besok bisa berjalan dengan lancar.
 
^
wallah, naek jabatan ga naek gaji, ada ya kaya gitu...

Langsung pecat aja itu mah, udah bukan malas lagi itu, ga punya moral, kalo pegawainya kaya gitu kapan berkembangnya perusahaan...
 
nanti aja ceritanya. sek ada orang e..
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.