• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Rahasia 'Motor Capek' Tetap Gress Bagi Ojekker Dan Pemotor (Share Info)

Angela

IndoForum Addict A
No. Urut
88
Sejak
25 Mar 2006
Pesan
41.709
Nilai reaksi
23
Poin
0
8701698_202404220814580920.jpg


Lebaran kemarin saya kedatangan tamu saudara jauh yg kini kerja sambilan jadi ojek online, sebut saja nama samarannya Arif 'gemoy'. Ketika dia datang saya sempat memperhatikan kondisi motornya masih terawat & mulus, padahal boleh dibilang motornya sudah berusia 7 tahun lamanya..

"Ini motor salah satu sumber kehidupan saya mas, harus diperhatikan & dirawat, kalau ditanya habis berapa, yah cukup lah perawatan umur segini,"kata si Arif. "Motormu masih mulus, jarang-jarang loh motor ojek masih terawat begini," mengatakan saya.

"Iya. Motor capek nih mas, kilometer aja udah khatam 2 kali malah, hehe," lanjutnya. Dari pembicaraan itu saya jadi penasaran part atau suku cadang apa saja yg sudah pernah diganti hingga kondisi motornya masih tetap saja enak dilihat & dikendarai.

"Yah, nggak ganti sekaligus sih.. tetapi kalau di urut apa saja suku cadang yg pernah diganti seingat saya mulai dari kampas rem, oli, busi, filter udara, V-Belt (rantai transmisi), roller, lampu, ban, oli suspensi & sarung jok," mengatakan Arif menerangkan satu persatu dengan gaya berfikirnya yg kocak itu.

8701698_202404220820320939.jpg


Penasaran saya pun mencoba motornya, "Wah, masih enak banget ini, motor bersih juga apa karena mau kesini jadi dicuci dulu?" mengatakan saya. "Mas, kaya nggak tahu saya saja yg sering gatel kalau lihat motor kotor dikit saja, langsung saya cuci, motor enak itu yg penting oli jangan telat, bensin yg baguslaah...", mengatakan Arif membela.

"Ooh, gitu yah.. untuk perawatan sehari-hari apalagi Arif?", "Pemakaian biasa aja aih, mas gak ada yg istimewa cuma saya sering lihat banyak ojek lain kalau bawa motor seringnya bejek gas dalem-dalem secara spontan, selain bensin jadi boros ya bikin mesin cepet kasar, part-part juga cepet ganti.. roller cepet tipis."

Saya baru paham, ternyata untuk merawat motor sebenarnya cukup mudah & sederhana. Kalau saya simpulkan ada tiga poin penting versi saudara Arif dalam merawat motornya.

Yang harus dilakukan yaitu : service rutin, pakai oli asli (jangan pernah telat) & bensin yg direkomendasikan & jaga motor supaya sering bersih. Buat saya ini seperti "Memanusiakan motor supaya motor juga mengerti kita." Hm.


8701698_20160819040924.png



8701698_202206161014320856.png


Original Thread 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Ai

8701698_201703200823410487.png
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.