• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

[ASK] Apa makna anda ttg. Doktrin "Allah Tritunggal"

peter_winardi

IndoForum Beginner D
No. Urut
8877
Sejak
23 Nov 2006
Pesan
584
Nilai reaksi
15
Poin
18
Rekan2 IF, Salam damai sejahtera.

Ada beberapa ganjalan dalam diri saya, terutama ttg makna Allah Tritunggal..............................
Sering terjadi kesalah pahaman makna Allah Tritunggal.

Allah Bapa, Anak (Yesus Kristus) dan Roh Kudus - 3 Oknum tp 1 Pribadi Yang Esa.


Kalau menurut rekan2:

1. Apa makna sebenarnya dari Allah Tritunggal tersebut?

2. Bagaimana cara menerangkan ke orang lain (yg belum percaya) ttg makna Allah Tritunggal?

3. Bagaimana perwujudan keseharian Allah Tritunggal dalam kehidupan kita?

Sebelumnya terimakasih bila thread ini ada yg menaggapi.......

Aalam
 
coba jawab ah.
katanya itu pertanyaan yang justru bikin orang kristen susah untuk menjawab.
3 Oknum tersebut adalah :
1. Tuhan Allah. ----> yang ini mungkin dah pada tau kan... huehuhe, jadi kita skip sajah.
2. Tuhan Yesus.
Tuhan Yesus adalah Manusia sejati dan juga Allah sejati. disebut Allah sejati karena Dia memang Allah itu sendiri, disebut Manusia sejati karena Dia manusia yang tanpa dosa. Tujuan Yesus adalah untuk menghapus dosa manusia. karena ada ayat(lupa pasal brapa.... klo gak salah yoh 3:16) : Karena begitu besar kasih Allah kepada manusia, maka dikaruniakannya lah Anak nya yang tunggal Tuhan kita, Yesus Kristus. kenapa harus Yesus? karena bagaimana membayar hutang seseorang yang berhutang pada dirimu??? sama kejadiannya dengan kita. kita manusia berdosa, upah dosa adalah maut, bagaimana kita membayar dosa kita? gak bisa kan? kecuali Allah sendiri yang menghapus, tapi klo Allah sendiri yang menghapus, nanti Allah jadi disebut gak konsisten, masa kita dikasih dosa trus dihapus gitu aja.... heuhuhe. maka turun lah Allah sebagai manusia, sehingga dengan "kemanusiaan" Nya, dia dapat meminggul dosa kita. dengan "manusia" Nya Dia mati menebus dosa manusia, dan dengan ke "Allah" an Nya dia bangkit.
3. Roh Kudus.
ada firman(lupa lagi ayat nya... maap yah...:( ) Aku akan menyertai engkau hingga akhir jaman. Nah dsini lah Roh kudus berperan. Roh Kudus ada dalam kita yang percaya kepada Yesus. jadi Roh Kudus lah yang menjaga kita sampai kita dijemput oleh Yesus.

klo secara gambaran(ini g diajarin ma Pdt g)
tritunggal tuh seperti kita sedang melihat aquarium.
kita manusia adalah ikan2nya, Yesus adalah aquariumnya, Allah adalah yang melihat, dan roh kudus ada disetiap ikan, sehingga ikan tersebut tampak bersinar dan bagus.
Ikan tidak mungkin tidak berada didalam aquarium, karena klo dia kluar dari aquarium dia akan mati. itu lah Yesus, sebagai perantara kita manusia dengan Allah, karena dia Allah sejati dan Manusia sejati. Kita manusia penuh dengan dosa, tidak akan bisa bersekutu langsung dengan Allah yang maha Kudus, yang ada kita langsung mati. makanya klo doa kadang kita bilang : "Dalam nama Yesus Tuhan dan perantara kami..."
Nah, ini side story sih....Tuhan melihat semua yang dalam aquarium itu baik, Dia tidak mau ada ikan yang tidak berada dalam aquarium tersebut, maka Allah memasukan(memilih kita) semua kedalam aquarium. tapi kadang ada ikan yang loncat keluar..... dan akhirnya mati.... jadi kenapa kita harus loncat keluar dan akhirnya mati? bukan kah kita bersama Yesus akan terlihat indah dimata Tuhan?
GBU :D
*klo setuju dan sependapat....mohon GRP nya.... heuheuhue.
 
klo menurut pemahaman saya yg terbatas :
1. Allah Bapa : creator heaven & earth
2. Tuhan Yesus : God become God'sMan, tuk menebus dosa manusia.
3. Roh Kudus : Tuhan yg mau hidup dalam hati stiap manusia yg percaya.

analogi spt Air yg dapat menjadi es di bawah 0 celsius, berbentuk cair pada suhu kamar dan uap jika dipanaskan diatas suhu 100 derajat celsius.
atau mungkin matahari
1. ada bendanya (matahari seluas ribuan km2)
2. ada cahayanya yg memberi terang
3. ada panasnya
tp itu hanya analogi aja

nah aplikasinya,
Allah Bapa yg menciptakan langit bumi, Yesus sbg juru slamat. dan Roh Kudus, Tuhan yg mo hidup di dalam hati kita.
isn't great?
Tuhan mau hidup di tengah umat nya?
 
@kimi:

Kalo saya, kenapa gak pake tubuh manusia aja (Kej 1:26).

Misalkan orang nanya gini:
"Eh kata pendeta lo Tuhan yang harus kita sembah itu hanya satu, tapi kok pendeta si Jurkipli (Maaf :D) bilang ada Allah Bapa, Allah Anak, dan Allah Putra Roh Kudus?"
Jawab kita:
"Lha kita ini kan satu betul? Nah Tubuh kita ini cuma satu kan? Bukan dua ato tiga? Naah... Tubuh kita itu dibagi menjadi 3 bagian. Kepala, badan, dan anggota tubuh. Naah... kalo tubuh kita mempunyai 3 bagian, apa Allah gak boleh punya tiga kepribadian (apa ya kata tepat untuk mendeskripsikannya...)"

Ada pertanyaan lain yang mau dijadikan FAQ? :D
 
mungkin pertanyaan yg tepat buat org yg ga ngerti ttg TriTunggal adalah :

daun clover itu 1 daun atau 3 daun ?
 
Doktrin tritunggal?
Allah sebagai 1 oknum yg memiliki 3 kepribadian.

Pliz donk post jg di THREAD : "satu Allah saja,satu Tuhan saja"

Kak bagi2 GRPnya donk
 
Rekan2 IF, Salam damai sejahtera.

Ada beberapa ganjalan dalam diri saya, terutama ttg makna Allah Tritunggal..............................
Sering terjadi kesalah pahaman makna Allah Tritunggal.

Allah Bapa, Anak (Yesus Kristus) dan Roh Kudus - 3 Oknum tp 1 Pribadi Yang Esa.


Kalau menurut rekan2:

1. Apa makna sebenarnya dari Allah Tritunggal tersebut?

2. Bagaimana cara menerangkan ke orang lain (yg belum percaya) ttg makna Allah Tritunggal?

3. Bagaimana perwujudan keseharian Allah Tritunggal dalam kehidupan kita?

Sebelumnya terimakasih bila thread ini ada yg menaggapi.......

Aalam
walah..nampaknya akan panjang bgt nih penjabarannya yak hehehhe..
ok gw coba deh...klo salah jgn dimarahin yak heheheh..

1. Apa makna sebenarnya dari Allah Tritunggal tersebut?
memang benar dan ada sebutan spt itu..
dan utk menjelaskannya memerlukan pemahaman yg seirama tentunya...
Memang benar bahwa Allah tidak beranak (tidak membuat anak kekal (yang diciptakan), baik dalam arti anak secara roh dan anak daging secara khusus setingkat dan sama dengan diri-Nya) dan tidak memperanakkan (tidak membuat "Allah lain" yang setingkat dan sama dengan diri-Nya).

Yang ada ialah, Allah menciptakan manusia agar beriman pada diri-Nya dalam Tuhan Yesus Kristus, agar Ia mengangkat manusia sebagai anak-anak-Nya (anak angkat Allah), sekalipun dalam hati, pikiran, dan tindakan kasih Allah sebagai "Bapa yang Sejati" telah menerima kita sebagai anak-anak kesayangan-Nya yang paling disayangi-Nya.

Allah Tritunggal adalah Allah yang saling huni, artinya Allah yang memiliki Kepribadian Bapa, Anak, dan Roh Kudus adalah sederajat, setingkat, setaraf, sehati, setujuan, tidak terpisahkan, dan berjalan bersama-sama. Kepribadian Allah dalam nama Bapa, Anak, dan Roh Kudus (ke-tritunggal-an Allah) tidaklah pernah sama dengan manusia yang memiliki dua kepribadian, dimana tiap kepribadian tidak bisa berjalan bersama-sama dalam saat yang sama, sedangkan Allah kita berbeda.

2. Bagaimana cara menerangkan ke orang lain (yg belum percaya) ttg makna Allah Tritunggal?
pertama2 kita tanya dulu sm dia...
mau ga dia mendengarkan penjelasan kita??
dan yg lebih penting....apakah dia percaya dgn Kristus???
setau saya klo dia tdk percaya Kristus, maka langkah anda akan banyak menemui jalan buntu...
karena Allah Tritunggal (Allah Bapa, Allah Putra, Allah Roh Kudus sangat sulit dipahami logika manusia karena memang ini adalah rahasia Allah. Dalam bahasa Indonesia mungkin dapat dijelaskan dengan Allah Tritunggal adalah Allah yang saling huni.

adapun masalah2 yg akan saudara temui :
Adapun pengertian untuk mendalami ke-Tritunggal-an Allah akan semakin sulit dijelaskan pada seseorang, bila orang tersebut tidak mengalami ke-Tritunggal-an Allah. Tentunya pengalaman ke-tritunggal-an Allah ini hanya dapat dilakukan oleh Roh Kudus dalam kasih karunia Bapa Sorgawi, setelah menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi dan hidup di dalam-Nya. Itulah sebabnya dikatakan bahwa Yesus itu hidup.

Masalah yang sering timbul adalah pada orang yang berbeda keyakinan dengan iman di dalam Kristus yang sejati, apalagi bila seseorang itu mengakui hanya satu Allah dan tetap menolak paham Tritunggal Allah.

Masalah selanjutnya ada pada orang yang berbeda keyakinan iman dalam Kristus adalah karena kebanyakan keyakinan mereka masih baru, sekalipun mereka mungkin sudah lama menganutnya. Sebab keyakinan para nenek moyang mereka dulunya pemuja berhala dan setelah itu "bertobat" dan mengakui adanya satu Allah, satu Tuhan, sehingga sulit sekali untuk menerima iman Allah Tritunggal dalam Tuhan Yesus Kristus.

Menurut umat Kristiani, tentu saja yang terpenting adalah memahami bahwa Tuhan Allah itu satu (esa), dan bukan tiga Allah, atau tiga Tuhan, atau tiga Tuhan Allah. Tuhan itu satu, Allah itu satu.
tapi jgn khawatir..pastinya Roh kudus akan terus mendampingi anda...

3. Bagaimana perwujudan keseharian Allah Tritunggal dalam kehidupan kita?
imani saja dalam setiap langkah kita sehari2...
klo Dia itu adalah Dia..!!!

utk penjelasan secara detailnya..:

1.Allah Bapa
Allah sebagai Bapa yang memelihara, yang memberikan kasih seorang Bapa Sejati yang sangat mesra, begitu penyayang dan begitu tertib penuh ketegasan (disiplin). Bapa Sorgawi tidak pernah sama dengan para bapa (bapak-bapak atau para ayah) dunia ini dalam hal kasih dan karakter yang tidak dapat terbandingi dengan kasih dan karakter Bapa Sorgawi. Allah sebagai Bapa Sorgawi merupakan Bapa yang sempurna dari segala bapa (bapak-bapak atau para ayah) dunia ini yang adalah gambaran dan rupa (duplikat dan bayangan) dari Sang Bapa Sorgawi yang murni.

Bapa (Kepribadian Bapa) tidaklah lebih tinggi daripada Anak ataupun juga dengan Roh Kudus.

2.Allah Anak
Allah sebagai teladan dengan Ia merendahkan diri-Nya dalam rupa manusia dan mengenakan nama Yesus yang adalah Kristus (Allah yang datang sebagai manusia), taat pada semua hukum yang telah Ia tetapkan, mati di kayu salib, dikuburkan, lalu bangkit pada hari yang ketiga, dan naik ke sorga dan dari sana Ia akan datang untuk menghakimi orang yang hidup dan mati. Ia adalah teladan iman sejati dan sumber kehidupan bagi orang Kristen. Allah telah menunjukkan kasih-Nya yang terbesar dengan menjadi Anak yang mati di kayu salib. Ini adalah berita Injil yang adalah kekuatan Allah. Alkitab menyatakan bahwa Anak merupakan yang Anak sulung Allah dari semua anak-anak Allah dimaksudkan bahwa Anak pun merupakan "Sahabat Sejati" yang rela mengorbankan Nyawa-Nya dan tidak menyayangkannya sama sekali untuk manusia dapat diterima sebagai anak-anak Allah.

Anak (Kepribadian Anak) tidak pernah lebih rendah daripada Bapa.

3.Allah Roh Kudus
Allah sebagai Pembimbing, Pendamping, Penolong, Penyerta, dan Penghibur yang tidak terlihat, namun berada dalam hati setiap manusia yang mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan hidup didalam-Nya.

Roh Kudus bukanlah tenaga aktif. Roh Kudus bukanlah kebijaksanaan (pikiran) tertinggi dari seluruh alam jagad kosmik. Roh Kudus bukanlah manusia tokoh pendiri suatu agama baru. Roh Kudus tidak pernah berbau hal yang mistik. Memang benar bahwa Allah itu maha kuasa, tetapi Roh Kudus itu bukan sekedar kuasa atau kekuatan, tetapi Roh Kudus adalah Allah, sebab Allah itu Roh. Dengan demikian Roh Kudus adalah Pribadi Allah itu sendiri dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Allah. Kepribadian Roh Kudus tidak pernah lebih rendah daripada Bapa maupun Anak.

bagaimana???
maaf bgt klo ga terlalu jelas..
soalnya gw jg lagi tahap belajar heheheh....

GBU.
 
jawabannya sederhana saja :
kita ini manusia, pikiran kita terbatas.
jadi klo mau memahami Tritunggal (Bapa,Anak,Roh Kudus)
ngak bakalan dapet... ok
GBU
 
gak masalah mau di implikasiin seperti apa analogi TRITUNGGAL itu, selama loe ngerti & gak keluar / nyimpang dr ALKITAB... GBU
 
Analogi gw :

km brgkt sekolah kpn? :pagi hari
Km pulang sekolah kapan? :siang hari
Km tidur kpn ? : malem hari

Nah loh...keliatannya harinya ada 3(Pagi,siang,malem)
padahal sebenernya cuma 1 hari
 
@ In Team -> jawaban yang bagus ...

Klo masih ga ngerti, saya setuju dengan @errorman
manusia terbatas di ciptkan oleh Allah yang tidak terbatas, bagaimana kita bisa mengerti seluruhnya.
 
2. Bagaimana cara menerangkan ke orang lain (yg belum percaya) ttg makna Allah Tritunggal?

semua itu kasih karunia, bukan hasil usahamu :)
jangan kan saudara kita yg diluar kristen, banyak saudara kita (maaf ya klo) yg kristen dari kecil tapi ga percaya dan ga paham, karena :
Yoh. 15:16
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

gbu all ;)
 
Untuk menerangkan ke org belum percaya biasanya gw pake gambaran matahari.
Inti matahari = Allah Bapa
Cahaya matahari yg nyampek ke bumi=Yesus
Panas mathari yg kita rasakan melalui kulit kita=Roh Kudus
 
Ada cara buat menyampaikan makna Tri Tunggal, lihat dan mintalah ia membaca Kejadian
1:1Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
1:2Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air.
1:3Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi.

Setelah membaca, mintalah agar ia menghitung jumlah Allah yang ada dalam ayat tadi, kemudaian jelaskan 3 sifat Allah yang ada disana, Ayat 1 : Allah yg ada di surga, Ayat 2 : Roh Allah yang senantiasa hadir di sekitar kita, Ayat 3 : Firman Allah yang hidup dan menjelma menjadi manusia (Yesus Kristus). Setelah itu kita tinggal berdoa, jika Tuhan berkehendak maka ia akan mengerti makna Tri Tunggal.

Untuk umat islam, sampaikan juga lewat ayat diatas,
Ayat 1 : Allah yang ada disurga
Ayat 2 : QS 21 Al Anbiyaa 91 : Isa AS dilahirkan bukan dari bapa insani tetapi dari Roh Allah. >> Rohullulloh
Ayat 3 : QS 19 Maryam 17 : Isa AS adalah roh Allah yang menjelma menjadi manusia yang sempurna. >> Kalimatuhu >> Firman Allah

Ya Allah, kami mohon agar Roh Kebenaran senantiasa berada di atas kami ketika kami menyampaikan pengetahuan dan rahasia firman-Mu, sesuai dengan kehendak dan rencana-Mu. Amin
 
kyknya udah jelas di thread From Christ To Christ

btw, ambil contoh simple.

Ada seorang bernama X

X di Keluarga nya yang skrg merupakan Bapa (karena menjadi kepala keluarga)
X di keluarga nya dahulu merupakan Anak (anak dari orang tuanya)
X juga sebagai pencari nafkah


1 Kepribadian 3 Peranan

sekali lagi bukan 3 PRIBADI tapi 1 PRIBADI
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.