Berani main oversize 25 atau 50? kalo cuma harian dan masih baru mending ga usah oversize, situ bakal nyesel belakangan. bagusnya ganti knalpot aja.
Kalo masih mo tetep oversize ....
Cuma mesti hati ngikisnya, jgn pake tukang bubut bangunan, khusus kendaraan aja yang profesional.
1.dinding atas bawa piston harus rata biar ga ngelitik,getar dan piston macet
2.papasan liner silinder jgn miring, harus rata (center) harus sama dengan gerak naik turun piston
3.clearance jgn terlalu rapat.
Yang bagus u bawa piston pengganti ma blok silindernya ke tukang bubut, napa? biar jadi patokan si tukang bubut sebagai ukuran diameter untuk tentuin clearance. Celah ideal 0,03 sampe 0,05 mm
Jika udah oversize jgn senang dulu,periksa kelancaran gerak piston, caranya gampang
1.Bershkan miyak/oli yang ada di liner dan piston, kemudian tekan piston ke lubang liner pelan2.
2.Kalo masuknya keras atau seret, coba di hunt/kikis ulang
3.Yang terakhir, liat bibir liner yang dimasuki piston lewat pancaran cahaya. Jika ga rata di hunt lagi. Kalo ga ada cahaya, artinya piston ma liner terlalu rapat.
4. biar tambah sip pakein knalpot racing, jgn standar please..
km mesti siap2 konsumsi bahan bakar ga sehemat dulu.
gini2 bekas tukang ngebut loh :p