micro
IndoForum Junior E
- No. Urut
- 667
- Sejak
- 20 Apr 2006
- Pesan
- 1.648
- Nilai reaksi
- 84
- Poin
- 48
S.O.S. = Save Our Soul, _ Mayday – Mayday – Mayday - …
(Mayday = Panggilan internasional dengan radio minta bantuan dari sebuah kapal atau pesawatterbangyang mengalami bahaya)
Seorang ekspatriat yang tinggal di Jakarta menulis artikel ini.
Mr. X-File.
Fear Factor : Flying in Indonesia _ D A N G E R !
Pada waktu saya kembali dari liburan di Bali , saya menggunakanAdam Air rute Denpasar – Jakarta, saya mendengar maskapai yang relatif baru ini dari beberapa teman, yang menyebutkan bahwa maskapai ini mempunyai pesawat-pesawat yang relatif baru dan diijinkan terbang ke Singapura . Kedengarannya maskapai ini sangatlah bagus, khususnya jika menyangkut masalah tiket sekali jalan yang hanya Rp. 295.00,- yang sedikit lebih mahal dari penerbangan "metro-mini" Lion Air. Penawaran ini sangat bagus, berdasarkan pengalaman saya tinggal beberapa tahun di Indonesia . Tapi kemudian saya mulai berfikir bahwa ini terlalu bagus dan pasti ada yang salah dengan semua ini.
Waktu naik pesawat Adam Air, saya segera melihat bahwa Boeing 737-400 tersebut, engine cover-nya penuh dengan goresan (scratch), sayapnya sangat kotor dan banyak cat-nya yang cacat, pintunya juga terlihat sangat tua dan sangat jauh dari ekpektasi saya akan pesawat baru. Bagaimanapun, saya tetap memutuskan untuk menguji level keberanian saya untuk tetap terbang dan masuk ke pesawat. Sebagai catatan, saya mencatat kode registrasi pesawat PK-KKI (lihat Table Adam Air di bawah).
Sesampainya di Jakarta, saya mencari kode tersebut di database penerbangan dan "Pesawat Baru" tersebut pertama kali terbang pada 10 Desember 1988, yang artinya umurnya sudah 17 tahun, dan kalau dibandingkan dengan umur manusia, berarti usianya menjelang 50 tahun. Dalam catatannya juga disebutkan bahwa pesawat ini mempunyai jam terbang yang tinggi, dimana sebelumnya digunakan oleh SaharaIndia Airlines, Sierra National Airline dan Air Belgium (pemilik pertama). Sungguh merupakan catatan yang menarik untuk sebuah pesawat. Sekarang pertanyaannya adalah apakah saya yang kurang beruntung sehingga mendapatkan satu-satunya pesawat tua di Adam Air, atau apakah semua pesawatnya memang tidak sebaru seperti yang saya harapkan?
Mengikuti rasa keingintahuan saya, coba lihat Tabel Pesawat Adam Air berikut dibawah ini yang menyajikan informasi umur dari masing-masing pesawat :
1. No Registrasi : PK-KKF 737-200 Penerbangan Pertama: 12-02-1980 Umur 26 thn
2. No Registrasi : PK-KKN 737-200 Penerbangan Pertama: 21-03-1980 Umur 25 thn
3. No Registrasi : PK-KKQ 737-200 Penerbangan Pertama: 16-01-1981 Umur 25 thn
4. No Registrasi : PK-KKJ 737-200 Penerbangan Pertama: 03-02-1982 Umur 26 thn
5. No Registrasi : PK-KKL 737-200 Penerbangan Pertama: 12-04-1984 Umur 24 thn
6. No Registrasi : PK-KKE 737-300 Penerbangan Pertama: 31-08-1987 Umur 21 thn
7. No Registrasi : PK-KKP 737-200 Penerbangan Pertama: 31-05-1988 Umur 18 thn
8. No Registrasi : PK-KKH 737-400 Penerbangan Pertama: 11-07-1988 Umur 17 thn
9. No Registrasi : PK-KKU 737-300 Penerbangan Pertama: 04-08-1988 Umur 17 thn
10. No Registrasi : PK-KKI 737-400 Penerbangan Pertama: 10-12-1988 Umur 17 thn
11. No Registrasi : PK-KKD 737-400 Penerbangan Pertama: 22-12-1988 Umur 17 thn
12. No Registrasi : PK-KKR 737-300 Penerbangan Pertama: 09-01-1989 Umur 17 thn
13. No Registrasi : PK-KKS 737-400 Penerbangan Pertama: 28-01-1989 Umur 17 thn
14. No Registrasi : PK-KKT 737-400 Penerbangan Pertama: 05-09-1989 Umur 16 thn
15. No Registrasi : PK-KKG 737-400 Penerbangan Pertama: 07-01-1991 Umur 15 thn
16. No Registrasi : PK-KKC 737-400 Penerbangan Pertama: 09-01-1992 Umur 14 thn
17. No Registrasi : PK-KKA 737-500 Penerbangan Pertama: 10-06-1997 Umur 08 thn
Melihat tabel tersebut, saya benar-benar beruntung, dimana pesawat berumur 17 tahun yang saya tumpangi termasuk yang "baru" dibandingkan dengan pesawat Adam Air lain dengan kode regirtrasi PK-KKN (KKN adalah singkatan paling popular di Indonesia untuk Korupsi-Kolusi-Nepotisme), yang umurnya 25 tahun. Dibandingkan dengan usia manusia,pesawat ini sama dengan manusia berumur hamper 80 tahun dan mungkin sudahmemesantempat dikuburan .
Berdasarkan tabel di atas, kita bisa menghitung umur rata-rata pesawat Adam Air, yaitu 18 tahun. Sebenarnya, hanya ada satu pesawat yang umurnya kurang dari 10 tahun, dan jika saya tidak salah, ini pasti pesawat yang diijinkan mendarat di Singapura.
Jelas, banyak penumpang memilih Adam Air karena berfikir tentang pesawat yang baru, padahal armada sebenarnyadipenuhi oleh pesawat polesan seperti baru (refurbished) dengan hanya satu pesawat yang relatif baru, yang digunakan tim marketing Adam Air untuk menciptakan image, atau lebih tepat khayalan, tentang terbang dengan pesawat baru. Mungkin definisi Adam Air tentang pesawat "baru" adalah definisi untuk penerbangan lokal Indonesia , dan mungkin persepsi saya lah yang salah.
(Mayday = Panggilan internasional dengan radio minta bantuan dari sebuah kapal atau pesawatterbangyang mengalami bahaya)
Seorang ekspatriat yang tinggal di Jakarta menulis artikel ini.
Mr. X-File.
Fear Factor : Flying in Indonesia _ D A N G E R !
Pada waktu saya kembali dari liburan di Bali , saya menggunakanAdam Air rute Denpasar – Jakarta, saya mendengar maskapai yang relatif baru ini dari beberapa teman, yang menyebutkan bahwa maskapai ini mempunyai pesawat-pesawat yang relatif baru dan diijinkan terbang ke Singapura . Kedengarannya maskapai ini sangatlah bagus, khususnya jika menyangkut masalah tiket sekali jalan yang hanya Rp. 295.00,- yang sedikit lebih mahal dari penerbangan "metro-mini" Lion Air. Penawaran ini sangat bagus, berdasarkan pengalaman saya tinggal beberapa tahun di Indonesia . Tapi kemudian saya mulai berfikir bahwa ini terlalu bagus dan pasti ada yang salah dengan semua ini.
Waktu naik pesawat Adam Air, saya segera melihat bahwa Boeing 737-400 tersebut, engine cover-nya penuh dengan goresan (scratch), sayapnya sangat kotor dan banyak cat-nya yang cacat, pintunya juga terlihat sangat tua dan sangat jauh dari ekpektasi saya akan pesawat baru. Bagaimanapun, saya tetap memutuskan untuk menguji level keberanian saya untuk tetap terbang dan masuk ke pesawat. Sebagai catatan, saya mencatat kode registrasi pesawat PK-KKI (lihat Table Adam Air di bawah).
Sesampainya di Jakarta, saya mencari kode tersebut di database penerbangan dan "Pesawat Baru" tersebut pertama kali terbang pada 10 Desember 1988, yang artinya umurnya sudah 17 tahun, dan kalau dibandingkan dengan umur manusia, berarti usianya menjelang 50 tahun. Dalam catatannya juga disebutkan bahwa pesawat ini mempunyai jam terbang yang tinggi, dimana sebelumnya digunakan oleh SaharaIndia Airlines, Sierra National Airline dan Air Belgium (pemilik pertama). Sungguh merupakan catatan yang menarik untuk sebuah pesawat. Sekarang pertanyaannya adalah apakah saya yang kurang beruntung sehingga mendapatkan satu-satunya pesawat tua di Adam Air, atau apakah semua pesawatnya memang tidak sebaru seperti yang saya harapkan?
Mengikuti rasa keingintahuan saya, coba lihat Tabel Pesawat Adam Air berikut dibawah ini yang menyajikan informasi umur dari masing-masing pesawat :
1. No Registrasi : PK-KKF 737-200 Penerbangan Pertama: 12-02-1980 Umur 26 thn
2. No Registrasi : PK-KKN 737-200 Penerbangan Pertama: 21-03-1980 Umur 25 thn
3. No Registrasi : PK-KKQ 737-200 Penerbangan Pertama: 16-01-1981 Umur 25 thn
4. No Registrasi : PK-KKJ 737-200 Penerbangan Pertama: 03-02-1982 Umur 26 thn
5. No Registrasi : PK-KKL 737-200 Penerbangan Pertama: 12-04-1984 Umur 24 thn
6. No Registrasi : PK-KKE 737-300 Penerbangan Pertama: 31-08-1987 Umur 21 thn
7. No Registrasi : PK-KKP 737-200 Penerbangan Pertama: 31-05-1988 Umur 18 thn
8. No Registrasi : PK-KKH 737-400 Penerbangan Pertama: 11-07-1988 Umur 17 thn
9. No Registrasi : PK-KKU 737-300 Penerbangan Pertama: 04-08-1988 Umur 17 thn
10. No Registrasi : PK-KKI 737-400 Penerbangan Pertama: 10-12-1988 Umur 17 thn
11. No Registrasi : PK-KKD 737-400 Penerbangan Pertama: 22-12-1988 Umur 17 thn
12. No Registrasi : PK-KKR 737-300 Penerbangan Pertama: 09-01-1989 Umur 17 thn
13. No Registrasi : PK-KKS 737-400 Penerbangan Pertama: 28-01-1989 Umur 17 thn
14. No Registrasi : PK-KKT 737-400 Penerbangan Pertama: 05-09-1989 Umur 16 thn
15. No Registrasi : PK-KKG 737-400 Penerbangan Pertama: 07-01-1991 Umur 15 thn
16. No Registrasi : PK-KKC 737-400 Penerbangan Pertama: 09-01-1992 Umur 14 thn
17. No Registrasi : PK-KKA 737-500 Penerbangan Pertama: 10-06-1997 Umur 08 thn
Melihat tabel tersebut, saya benar-benar beruntung, dimana pesawat berumur 17 tahun yang saya tumpangi termasuk yang "baru" dibandingkan dengan pesawat Adam Air lain dengan kode regirtrasi PK-KKN (KKN adalah singkatan paling popular di Indonesia untuk Korupsi-Kolusi-Nepotisme), yang umurnya 25 tahun. Dibandingkan dengan usia manusia,pesawat ini sama dengan manusia berumur hamper 80 tahun dan mungkin sudahmemesantempat dikuburan .
Berdasarkan tabel di atas, kita bisa menghitung umur rata-rata pesawat Adam Air, yaitu 18 tahun. Sebenarnya, hanya ada satu pesawat yang umurnya kurang dari 10 tahun, dan jika saya tidak salah, ini pasti pesawat yang diijinkan mendarat di Singapura.
Jelas, banyak penumpang memilih Adam Air karena berfikir tentang pesawat yang baru, padahal armada sebenarnyadipenuhi oleh pesawat polesan seperti baru (refurbished) dengan hanya satu pesawat yang relatif baru, yang digunakan tim marketing Adam Air untuk menciptakan image, atau lebih tepat khayalan, tentang terbang dengan pesawat baru. Mungkin definisi Adam Air tentang pesawat "baru" adalah definisi untuk penerbangan lokal Indonesia , dan mungkin persepsi saya lah yang salah.