• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Adam Adalah Makhluk dari Luar Angkasa

iblis ngirim antek2 nya bro buat ganggu hawa dan menggoda adam untuk makan buah itu :p
 
OOT deh.... pa mo nge-junk... /hmm
 
Ass.
Aneh banget ya?baru denger adam turun n naik kaya nabi Muhammad emank ngga ngada2 itu ngga pernah denger adam itu diturunkan dari surga pake bouraq sebagaimana yang digunakan rasulullah SAW.bouroq Airlines kali lagian yang naik pak Adam tetangga saya??????????????mas pinter banget bisa nyalahin Ahli tafsir n ahli nahwu sorof yang tau bahwa bahasa arab dulu n sekarang itu dah beda jauh.(BEGO bangET N sok pinter orang INI)tau ngga bahwa sejak jaman Ali r.a bahwa bahasa arab dah bercmapur dengan bahasa persi.....................
kasian deh bego ngaku pinter dah gitu nyalahin orang lagi lu di bayar berapa ma Orang JIL(jaringan Iblis Laknatnya) Ulil abdal syaithon
 
Ass.
Aneh banget ya?baru denger adam turun n naik kaya nabi Muhammad emank ngga ngada2 itu ngga pernah denger adam itu diturunkan dari surga pake bouraq sebagaimana yang digunakan rasulullah SAW.bouroq Airlines kali lagian yang naik pak Adam tetangga saya??????????????mas pinter banget bisa nyalahin Ahli tafsir n ahli nahwu sorof yang tau bahwa bahasa arab dulu n sekarang itu dah beda jauh.(BEGO bangET N sok pinter orang INI)tau ngga bahwa sejak jaman Ali r.a bahwa bahasa arab dah bercmapur dengan bahasa persi.....................
kasian deh bego ngaku pinter dah gitu nyalahin orang lagi lu di bayar berapa ma Orang JIL(jaringan Iblis Laknatnya) Ulil abdal syaithon

Ass?????? pantad???? jgn setengah2 tu klo mo kasih salam :-"

klo mo nge flame ada tempat nya... jangan nge junk loe di thread gw... /gg/gg

di baca dulu thread yg atas mbak/mas/tante/bude... cari di Al-Qur'an n Hadist

quote yg menurut lu ga sepaham ma gw... jgn asal maen hina /pif /gg/gg/gg
 
memang kayaknya tread ini enak-kan di FA dech...bukan disini...

bung Myth05 terima kasih sudah share apa yang ada di pikiran anda...kalau bener itu pikiran anda sendiri....
.
adam adalah nabiallah....saya pikir itu yang harus kita iman-ni, ttg kisah dan turun-nya ke bumi,
cukuplah kita ketahui dari apa yang dituliskan dalam alqur'an, menterjemahkan dan mentafsirkan dengan akal kita sendiri.... Masih butuh waktu dan ilmu untuk melakukannya.
 
Allah Akbar.. Allah Maha Besar.. hanya Allah yang tahu semua ini.
Kita beriman dan patuh saja sama perintahNYA. dan pasti nanti Allah besuk pasti memberitahukan pada kita.
 
yang penting kita semua harus meyakini apa yang ada dlm al quran dan jgn memahami isi al quran hanya dengan logika....apalagi kita yg belum paham dengan agama kita sendiri......nanti malah jd menyesatkan
ok brooooooooo
 
semuanya kembali lagi ke ilmu Allah, bagaimana lu tau klo Allah memang mebiarkan Iblis Masuk ke Surga mengingat Allah sudah tahu Bahwa Adam dan Hawa akan di Goda Iblis.....untuk memasukan dan mengeluarkan iblis dari surga itu hal kecil tentunya dan gue yakin kita tidak perlu tahu karena di Al-Quran ga pernah di sebutkan bagaimana kelanjutan Iblis itu setelah masuk ke Surga menggoda Adam dan Hawa.....kita cuman tahu tugas iblis, dan laknatnya.......dan kalimat turun sebenernya dalam Bahasa Arab bisa berarti macem2 loh bisa berarti keluar Adam dan Hawa Keluar nahlo....keluar bukan berarti dari Atas bisa dari perut bumi bisa dari Surga yang enta di mana ga di sebut posisinya di kitab kita..........so sesungguhnya Allah hanya menunjukan jalan ke surga......apa kah kita perlu mempermasalhkan di mana surga itu ??
 
surga....

neraka....

ada di dalam hati kita.....

ingat...

kata2 di dalam kitab qur'an itu semua adalah bahasa kias...

jangan sembarangan mengartikannya jika tidak mempunyai dasar yang kuat...
 
dari alinea pertama aja sudah nampak, lo berusaha akan meng-rasionalkan statemen agama (yang kadang harus kita terima sebagai dogma).
Sebaiknya selama statemen itu munculnya dari kitab suci, segera kita batasi. Bisa kita terima ato belum/tidak bisa diterima. Jangan sampai krn kt belum/tidak bisa terima, trus mencari-cari alasan yang sumbernya rasional. Gak bisa ketemu dong...
Sungguh tidak bisa membandingkan statemen ilahi dengan satatemen hasil fikiran manusia bro!
 
menurut saya sih itu hanya beda pola pikir aja.....wajar kalo anda melihat sebagai "luar angkasa" coz secara pengetahuan emang sampe luar angkasa dan planet-planet aja....padahal secara hakikat alam semesta itu alam ghaib...dan lebih luas dari planet-planet ntu...galaksi kita tuh yang terdiri dari planet-planet tidaklah berujung...dan hanya sebesar buih di lautan jika dibandingkan semesta alam kepunyaan Allah ini...so dimanakah surga? suatu tempat yg ghaib...yang pada intinya akal tidak dapat menjangkaunya...
 
coba baca ini :

Kode:
http://www.indowebster.com/gambar_penciptaan_adam.html
 
coba baca ini :

Kode:
http://www.indowebster.com/gambar_penciptaan_adam.html

Saya gak paham sama penjelasannya kk.
Akal disebut juga dengan Malaikat Tinggi/Malaikat Muqarrabin.
Akal adalah makhluk Tuhan yang berhakikat non materi mutlak, yakni tidak berbeban/berat jenis, tidak bervolume dan tidak memiliki semua sifat-sifat materi. Akal terakhir dusebut juga Lauhu Al Mahfudz.
Lauhil Mahfuz bukannya tempat ruh kita disimpan sebelum dihembuskan ke tubuhnya? /?

Barzakh adalah kumpulan makhluk Tuhan yang berhakikat non materi secara zatnya, yakni tidak bervolume/berbeban/berberat jenis, tapi memiliki sifat-sifat materi, seperti rasa, warna, dst.
Barzakh juga disebut malaikat-malaikat pengatur semesta, ide, qada dan qadar.
...no comment

Dan penjelasan tentang Akal Satu, Dua, dst ... sampai Akal terakhir tidak ada

tapi seperti pesannya -dapat percaya, dapat tidak- saya tidak percaya.
 
^
:) :) :)
tentang akal 2, 3 tidak dijelaskan karena memang bukan untuk menjelaskan tentang akal tapi menjelaskan secara (filsafat) singkat tentang penciptaan adam as.
gapapa kok klo gak percaya :) :) :)
semua kembali ke akal masing-masing :)
 
wah jd bingung nih mo kasih komen, takut salah ........
 
jangan takut salah kk....takutlah sama Allah SWT..
 
^
btul jangan takut salah, ini cuma sekedar share aja :) >:D<
Smoga ALLAH SWT selalu memberi kita petunjuk. Amien :)
 
asslm.
maaf ini cuma comment aja:

Tafsir seperti ini menurut sy cukup bagus, paling tidak anda memberikan hujjah yg bagus didukung oleh Al Qur-an tp lebih bagus lagi jika ada hadiits yg mendukung ( sy harapkan anda bisa melengkapinya ). Secara sains memang memungkinkan adanya planet yg serupa dengan bumi (atmosfer, geologi, dan topografi ) meskipun Indonesia gak ada (he he he) tentang Syajaratu secara estimologi memang artinya (per) tumbuh (an), dan mirip istilah reproduksi bahwa (per) tumbuh (an) bagian dari "proses reproduksi" (tahu sendiri lah).

Tapi sy juga memberikan beberapa kemungkinan lain yg bisa untuk dibuat suatu probabilitas yaitu dalam sains ada teori tentang pararel world (dunia bertingkat) dimana ada dunia lain yang sama dengan bumi kita tetapi berbeda dalam hal penduduk, karakter dan teknologinya, dan tentang Syajaratu bisa jadi hal itu memang sebuah pohon ( tumbuhan ) yang menyebabkan nafsu jadi lebih dominan dibandingkan akal dan iman.

Bagaimanapun juga sy salut dengan tafsir anda (meskipun bagi sebagian orang Indonesia, "kurang capable", sy tahu karena sy pun dibesarkan dimasyarakat dengan pemikiran seperti itu), seharusnya kegiatan seperti ini yg harus didukung dan dievaluasi karena ini adalah bagian dari "pengkajian" dalam Islam yg dari jadul (jaman dulu = ulama ) telah dilakukan yang menghasilkan kemajuan di era keemasan Islam. ( apakah ingin merasakan hal itu?)

Yang terakhir sy ingin mengucapkan "Sesungguhnya Hal Ghaib Allah SWT yang tahu, Kita Tahu kecuali sebagian kecil dari itu" Wa Allahu A'lamu bi showab.:)
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.