• Saat ini anda mengakses IndoForum sebagai tamu dimana anda tidak mempunyai akses penuh untuk melihat artikel dan diskusi yang hanya diperuntukkan bagi anggota IndoForum. Dengan bergabung maka anda akan memiliki akses penuh untuk melakukan tanya-jawab, mengirim pesan teks, mengikuti polling dan menggunakan feature-feature lainnya. Proses registrasi sangatlah cepat, mudah dan gratis.
    Silahkan daftar dan validasi email anda untuk dapat mengakses forum ini sepenuhnya sebagai anggota. Harap masukkan alamat email yang benar dan cek email anda setelah daftar untuk validasi.

Sekilas Info khusus buat umat HINDU (Saivisme)

nenek bahenoL

IndoForum Newbie C
No. Urut
46946
Sejak
26 Jun 2008
Pesan
161
Nilai reaksi
4
Poin
18
Hinduisma: Agama Terunggul di Dunia

Satguru Sivaya Subramuniyaswami
Hinduisma atau Sanathana Dharma merupakan antara agama yang paling unik di dunia. Malahan boleh dikatakan sebagai Agama yang paling unggul. Di bawah ini dinyatakan beberapa fakta kenapa ia sedemikian rupa.

Kenapa Agama Saivisme merupakan yang paling unggul di dunia?

Ia merupakan agama yang paling tertua di dunia, para pengkaji sejarah telah menkaji dan mendapati akar umbi permulaannya yang mungkin 5000 tahun atau lebih lama berdasarkan ketamadunan lembah Indus di benua kecil India. Ia dibuktikan dengan kewujudan bandar Harappa dan Mohenjo Daro. Legenda dan tulisan suci menyatakan bahawa tiada masa di mana tidak terdapatnya Agama Saivisme di dunia ini.

Saivisme merupakan intipati dan asas kepada segala Agama di dunia. Biasanya Saivisme dikenali sebagai “ Ibu kepada segala Agama di dunia” ataupun di kenali sebagai tunggak spiritual. Ia mempengaruhi segala Agama di dunia dan boleh dikandungi oleh segala Agama di dunia kedalamnya, segala ahli imannya dan menghargai setiap kitap sucinya serta falsafah mereka

Saivisme tidak punyai asas oleh itu tidak menpunyai akhirat. 10 daripada 11 Agama di dunia ini mempunyai sejarah awalnya, tarikh lahir serta tempat lahir di mana ia bermula dan sehingga bila ia tidak wujud. Tetapi keadaan ini tidak berlaku pada Saivisme di mana ia adalah (eternal) dan dilebih dikenali sebagai Sanathana Dharma.

Saivisme diperturunkan oleh Siva, bukannya oleh manusia. Saivisme adalah berpusatkan/asaskan Siva. Asasnya adalah Siva, Agama lain adalah berasaskan nabi, para ulama, para alim dan para pensuruh tuhan serta manusia yang telah mengalami kewujudan tuhan pada diri mereka dimana mereka pernah lahir dan meninggal dunia.

Saivisme merupakan agama universal. skopnya begitu luas sehingga dalam falsafahnya ada tempat bagi setiap orang dan sebarang benda. Ia boleh dan dapat menerima serta membenarkan monisme,dualisme, pluralisme, pentheisme, segala falsafah dan doktrin di dalamnya. Ia merupakan sesuatu yang tidak dapat dilakukan oleh mana-mana agama lain tanpa memberi peluang pada salah faham dan kekeliruan. Pekara inilah yang menyebabkan Hinduisme menyuarakan dan lantang bahawa semua agama punyai kesamaan tetapi masing-masing tidak sama antara satu sama lain. Setiap agama membawa penganutnya ke tingkat spritual dan matlamat yang berbeza di sebabkan perbesaan dalam tahap matangnya.

Saivisma punyai konsep ketuhanan yang indah dibandingkan agama /falsafah di dalam dunia. Kita perlu melalui/mengalami kesedaran diri “self realization” terhadap Siva.Siva lebih berbanding pernafasan. Beliau menerajui kita ke kesempurnaan tanpa batasan. Oleh yang demikian beliau tidak pernah murka/marah atau menghukum sesiapapun.

Konsep manusia dalam Saivisme merupakan yang paling ‘profound’ dan positif di dunia. Ia punyai kesefahaman yang paling unggul mengenai siapa manusia sebenarnya, dari mana kita datang, kenapa kita ke sini dan kemana arah tujuan/destinasi kita.Saivisme menerangkan bahawa roh datangnya dari pencipataNya dan melalui pelbagai dunia sehingga kembali ke pangkuan Siva.

Saivisme adalah agama yang paling ‘joy’ di dunia. Ia adalah agama berdasarkan Cinta/Love. Ia merupakan ‘rid of all glomy doktrin'. Ia tidak mempunyai teori neraka yang tidak kehabisan ‘eternal’, tiada makluk asing (hantu), tiada dosa ‘eternal’ tiada hari kiamat bilamana tuhan yang maha penyayang menghukum kita sekiranya tidak mematuhi arahannya.

Agama Sivisma merupakan yang paling "mystical" di dunia. Ia punyai pengetahuan yang lebih banyak berbanding falsafah-falsafah lain walaupun segala falsafah lain dapar digabungkan sekali. Hinduisma mengajar sains penyebahan kuil, metafisik,hata yoga, raja yoga, kundalani yoga, meditasi, siddhas, pranas dan chakra. Ia juga mempunyai hukum karma, dharma, kelahiran semula, mata ketiga, falsafah kehidupan dan kewujudan, tanthra, mantra, yamas , kosmologi, astronomi, astrology, pengembaraan astral, kewujudan 3 dunia, 14 planet @ loka, deva, mahadeva (malaikat), asura, ghandharvas, ghanas, telepathy, pengawalan minda. Ia juga punyai digram mystical serta carta, dunia luaran, getaraan suara/bunyi, pengorbanan rahsia permata dan logam, perubahan ayurveda dan beribu lagi, Adakah mana-mana agama lain mengajar kesemua ini dalam satu konsep yang dipanggil sebagai agama ?

Ia merupakan agama yang paling terbaik dapat mengadaptasikan dirinya dengan zaman teknologi. Ia tidak bergantung pada doktrin @ metadology yang dapat digugat oleh sains. ia tidak bertembung/bertelagah dengan sains dalam apa jua cara. Hinduisma berdasarkan pada pengalaman bukannya kepercayaan semata-mata. Kesemua penemuan sains terkini adalah selari/berpaut/bersama dengan pengajaraan saivisma. Sebagai contohnya kod DNA yang terdapat/terkandung dalam setiap sel hidup dari masa lampau merupakan hukum karma yang dikenali umum dalam Hinduisma.

Ia mempunyai kumpulan kitab suci yang terbaik di dunia.Iaitu ia mempunyai 4 Veda, 12 Thirumurai, 28 Agama, 77 Thatvas, 215 Pancharatas, 4 Thutihas (hikayat suci), 18 Purana Besar dan 18 Purana Kecil, 4 Upa-Vedas, 16 Vedangas, 6 Dharsanas, 18 Dharma Sastras, 320 Upa- Agamas, Beratus-ratus Kuil Puranas dan beratus ribu lagu suci Secara ringkasnya ia mempunyai:-

Saivisme

Vedas: Kitab terawal berorentasikan

Upanishads: Ia menerangkan penerangan terawal mengenai pengajaran Siva dan 3 kesempurnanNya. Ia mengandungi pengajaran Monostic Theism. Bilamana Siva dirujuk sebagai Bhraman.

Saiva Agamas : Ia mengandungi segala/kesemua falsafah Saiva Siddhandam.

Thirukural: Ia memberi garis panduan hidup, bagaimana berkelakuan di dunia. Ia boleh dikatakan sebagai kitab yang paling unggul di dunia dalam membincangkan soal etika dan moral.

Thirumantiram, Thirumurai : Ia adalah kumpulan lagu suci yang terunggul.Ia segaligus dapat di katakan sebagai satu set lengkap kitap agama dan ia di sanjung tinggi dalam masyarakat Saivisme sehingga di katakan sebagai “Thirumuraiye em uyir thunai”.

Ia mempunyai kuil yang dirahmati dan di limpahi dengan Sakthi bilamana tidak dapat di bandingi pada bila-bila masa sekalipun.

Dalam semua masa Saivisme mempuyai bilangan para ulama (enlighten beings), Para pencari kebenaran tuhan, Jnani untuk menerajui/ tunjuk ajar agama dan panganut agama kita serta manusia segajat. Saivisme tidak mempunyai satu peneraju yang unggul suatu masa dahulu malahan sentiasa mempunyai para ulama/peneraju yang meneruskan usaha mulia. Satguru sentiasa wujud dalam agama kita bilamana beliau melenyapkan kejahilan, beliau mengetahui segalah falsafah, beliau mengetahui perjalanan dalaman (inner working) kuil dan beliau juga adalah falsafah dan kuil itu sendiri.Beliau adalah intipati segala ilmu pengetahuan dan destinasi penganut (pilgrims destination). Sekiranya segala kuil dimusnahkan ia akan muncul kembali dari benih falsafah atau dari kehadiraaan para penyedar tuhan (Satguru). Malahan sekiranya segala kitab dan falsafah dibakar ia akan ditulis kembali dari intipati yang sama. Dalam agama lain ia tidak mungkin berlaku, kerana mereka hanya mempunyai seorang peneraju/nabi yang telah mati beratus tahun yang dahulu dan mereka tidak punyai sesiapapun untuk terus menerajui mereka.

Hinduisma tidak dapat digangui, Ia tidak pernah diwujudkan oleh itu ia tidak punyai kiamat. Sehingga bila Siva terus menari sehingga itulah Saivisme akan wujud.

Secara totalnya penerangan di atas ini adalah sebahagian kecil sahaja dan terdapat banyak lagi yang mana menyebabkan kita menyatakan dengan lantangnya bahawa Agama Hindu adalah yang paling unggul.

Anbe Sivamayam Satyame Parasivam

Diterjemah dari Sivathondu Hindu Students 1994, Universiti Utara Malaysia .




Apalagi hindu bali yg notabene adalah siwa sidhanta...pas banget dah hehe
harus bangga dong sebagai umat hindu

klo yg uda pernah baca cuman ngingetin aja.....:D
buat ngeramein forum hindu >:D<
non hindu biar menyimak aja......;)
 
vedachart.jpg


Kenyataannya, dalam beberapa bidang pengetahuan, ilmu pengetahuan modern telah menemukan fakta-fakta yang sebelumnya sudah ada dalam literatur Weda ribuan tahun silam.

Dalam masalah spiritual-etika aksiologi: Weda menguraikan tentang intuisi sebagai pasyati buddhi yaitu kecerdasan melihat dan juga ritabhrah atau kecerdasan yang menyangga kebenaran yang memahami realitas secara spontan dan sempurna, tanpa penerimaan suatu jejak ketidakbenaran.

Dalam terminologi modern, ia dikenal sebagai supra-nalar atau persepsi supra-rasional. Dengan kata lain 3 pilar ilmu pengetahuan dunia, terdapat di dalam kitab suci Hindu (Weda) yaitu ontologi, epistemologi dan aksiologi.

Silsilah Sanathana Dharma :



Keterangan :
Brahmana = Karma Kanda
Itihasa = Kisah/Legenda yang ada sejak lama
Kayackitsa = Obat-Obat
Upanisad = Jnana Kana
Purana = Sejarah Kuno
Bhutawidya = Psikoterapi
Siksa = Fonetik
Artha Sastra = Pemerintahan
Kaumarabhrtya = Anak
Wyakarana = Tatabahasa
Ayurweda = Pengobatan
Agadatantra = Racun
Nirukta = Kamus
Gandharwaweda = Kesehatan
Rasayanatantra = Non Medis / Muzizat
Chanda = Lagu
Dhanurweda = Peperangan
Wajikaranatantra = Jiwa Remaja
Jyotisa = Astronomi
Salya = Bedah
Wajikaranatantra = Jiwa Remaja
Kalpa = Upacara
Salakya = Macam Penyakit
Wajikaranatantra = Jiwa Remaja
Jyotisa = Astronomi
Salya = Bedah
Wajikaranatantra = Jiwa Remaja
Kalpa = Upacara
Salakya = Macam Penyakit
 
fakta sejarah juga menyebutkan Mpu Kuturan mengadakan "Peparuman(konferensi)" agar sekte2 di Bali dilebur menjadi satu ke dalam konsep Tri Murti..dan kalo kita menghayati konsep tersebut gak lain dan gak bukan adalah Saivisme..
menurut saya intisari Hindu adalah Siwa Siddhanta..tetapi setiap umat Hindu diberi kebebasan untuk berkontemplasi dengan Tuhan melalui sekte manapun..Hindu benar2 indah..

Berikut saya kutip pawecana Sesuhunan tentang Luhurin Dalem (Putih/Siwa Durga):
"Dalem punika artinyane dalem pisan nyan cening!Ring Dalem kemanten kewentennyane Rwa Bhinneda (Siwa Durga).."

artinya :"Dalem itu adlh kedalaman yang sangat dalam!saking dalamnya tidak bisa diukur kedalamannya..kedalamannya tidak berujung!Hanya Luhurin Dalem saja yg terdapat Rwa Bhinneda (Siwa Durga)!Sedangkan di Luhurin Puseh dan Luhurin Desa tidak ada Rwa Bhinneda seperti demikian.."

Itulah sebabnya Dalem disimbolkan dengan warna putih..jika putih diberi warna hitam maka ia akan menjadi hitam, jika merah maka menjadi merah,dst..jika umat tangkil/memuja ke Dalem dengan membawa warna hitam maka anugerah yg diterima pasti hitam juga, jika merah akan merah juga, dst...

"Makasami wenten ring Dalem nyan cening!Dharma Weci(ilmu hitam), pesugihan, kekebalan, taksu, panugrahan suci sane dahat mautama wenten ring Dalem!"
 
...manut pisan, Rwa Bhinneda : laki x perempuan, kanan x kiri (Siwa Durga).
 
Empat Denominasi Utama Hindu

Hindu/Hinduisme merupakan suatu istilah umum untuk menyatakan sekumpulan besar berbagai jenis sistem kepercayaan, adat-kebiasaan, tradisi, dan ritual. Istilah ini awalnya digunakan oleh para penjajah bangsa asing untuk menjelaskan suatu religi yang diterapkan oleh masyarakat yang hidup di jazirah India. Nama Hindu diturunkan dari nama sungai Indus. India disebut Ind atau Hind dalam bahasa Parsi dan Arab, dan dengan demikian agama yang dianut para penghuni India disebut Hindu/Hinduisme. Nama Hindu ini sama sekali tidak ditemukan dalam Veda (Kumpulan Pustaka atau Sastra Suci yang merupakan kitab suci bagi umat Hindu) atau dalam sastra-sastra klasik India Kuno manapun. Oleh umat Hindu sendiri, kepercayaannya ini disebut sebagai Sanatana Dharma berarti Jalan Kebenaran Yang Kekal.

Dasar dari Sanatana Dharma adalah kitab-kitab yang diungkapkan di India Purba. Berbeda dengan bayangan orang pada umumnya mengenai bentuk suatu kitab suci agama yang biasanya berupa satu buku besar, wahyu yang diturunkan di India merupakan sejumlah pengetahuan yang amat sangat luas, meliputi berbagai bidang baik sekuler maupun spiritual. Mustahil menuliskan keseluruhan revelasi ini dalam bentuk satu buku tunggal. Sesungguhnya kumpulan besar wahyu-wahyu ini dalam bentuk tertulisnya dapat mengisi penuh satu perpustakaan negara. Kumpulan pewahyuan inilah yang disebut Veda, yang secara harfiah berarti “Ilmu Pengetahuan”. Seluruh ilmu pengetahuan di dunia diyakini terkandung dalam Veda. Bagi Hindu, Veda merupakan pengetahuan cetak biru alam semesta. Pengetahuan yang mengungkapkan pikiran Tuhan, sebelum menjadikan alam semesta. Veda inilah yang mendasari seluruh penerapan Jalan Kekal atau Sanatana Dharma.

Kemudian dalam praktiknya saat ini, Sanatana Dharma dapat dibagi menjadi dua kategori.
Religi heterodoks yang dianut kebanyakan orang, terdiri lebih banyak dari takhayul, animisme, dinamisme, ritual-ritual permohonan yang ditujukan kepada berbagai dewa dan dewi untuk mendapatkan keselamatan, mengusir wabah, penyakit, kesialan, bencana dan sebagainya, bercampur dengan berbagai macam filsafat, kebiasaan turun-temurun, sistem moral dan sosial, tanpa basis teologis maupun filosofis yang kuat. Sistem kepercayaan dan adat istiadat ini bisa berbeda-beda dari satu tempat ke tempat yang lain, dari satu kelompok sosial ke kelompok sosial lain di berbagai pelosok anak benua India dan dunia.
Religi ortodoks, sering pula disebut sebagai Brahmanisme (walaupun kurang tepat) oleh para indologis, yang didasarkan atas Kitab-kitab Suci yang Diwahyukan (Veda), dengan dasar filosofis dan theologis yang masuk akal dikenal sebagai Vedanta (Kesimpulan Akhir Segala Pengetahuan). Walaupun ada banyak tradisi dan mazhab dalam religi ortodoks ini dan berbagai variasi dalam doktrin-doktrin theologinya, namun praktik-nya kurang lebih sama di seluruh dunia Hindu. Memasuki religi ini secara resmi harus melalui proses inisiasi (diksha) dan pengikatan dengan para pelindung ajaran.

Penganut Veda Ortodoks lebih lanjut dapat dibagi menjadi tiga yaitu golongan impersonalis, semi-impersonalis, dan personalis.
Para impersonalis dikatakan termasuk golongan Smarta. Sesungguhnya Smarta merupakan istilah yang merujuk kepada mereka semua yang mengikuti Kanon Eklestikal yang disebut Smriti-sastra. Smriti merupakan bagian dari Veda yang secara khusus bukan merupakan kitab-kitab wahyu langsung, namun merupakan tafsir wahyu yang dikanonisasi (disahkan sebagai kitab suci). Oleh karena para smarta sebagian besar menganut paham impersonalisme, maka justru para impersonalislah yang digolongkan ke dalam kelompok Smarta ini. Doktrin-doktrin Smarta sangat dipengaruhi oleh filsafat monistik non-dualis impersonalistik Sankaracharya, seorang tokoh rohani dan guru agung yang hidup pada abad ke-8. Mereka meyakini Tuhan bukanlah suatu Pribadi. Roh dan Tuhan identik satu sama lain, bukanlah dua entitas yang berbeda. Mereka menggunakan pemujaan personalistik lima bentuk Illahi utama dalam Veda, menyembah kelima-limanya, sebagai sarana untuk menyadari kemanunggalan roh dengan Zat Tertinggi yang non-dualistik dan tak berpribadi. Metode ini disebut sistem pancopasana. Walau demikian mereka juga memilih salah satu dari lima Devata (Siva, Vishnu, Ganesha, Shakti, atau Surya) sebagai pujaan utama yang disebut ishta-devata (Illahi Kesayangan).
Para semi-personalis adalah para Saiva. Istilah ini juga digunakan sama kasusnya dengan para Smarta. Saiva sebenarnya merujuk kepada mereka yang memuja Siva sebagai Pribadi Tuhan. Selain menggunakan Veda utama sebagai dasar, mereka juga menggunakan kitab-kitab Agamasastra. Agamasastra merupakan Kanon Ritual yang berkaitan dengan pemujaan Ikon Suci, pembangunan kuil-kuil, dan metode memperingati upacara harian maupun perayaan hari-hari tertentu. Saiva menggunakan 14 kitab Saiva Agama sebagai dasar doktrin-doktrin dalam mazhabnya. Kami menyebut Saiva sebagai semi-personalis, karena ide kema-nunggalan antara roh dengan Tuhan juga diterima dalam keyakinan ini. Pada tahap kesempurnaan, mereka yakin bahwa Pribadi Tuhan dan roh akan menunggal, sehingga mirip dengan paham impersonalis-monistik dari Sankarachar-ya. Golongan Saiva dibagi dalam banyak garis silsilah transmisi mistik-esoterik yang disebut Sampradaya atau Parampara. Saiva Sampradaya yang terkemuka terdiri dari enam perguruan Lingayat (Vira Saiva), Pasupata-saiva, Advaita-saiva, Kashmiri-saiva, Saiva-siddhanta dan Siddha-siddhanta.
Golongan personalis adalah Vaishnava. Vaishnava merupakan keyakinan yang bersifat personalistik eksklusif dan monotheistik. Para Vaishnava meyakini Keesaan dan Sifat Pribadi Tuhan. Roh tidak pernah menunggal dengan Tuhan, dalam artian melebur menjadi satu dengan Tuhan. Tuhan dan roh adalah tetap dua pribadi yang berbeda dalam segala keadaan. Sama dengan golongan Saiva, para Vaishnava mendasarkan ajaran-ajarannya pada Veda dan Agamasastra. Ada 108 Kitab Vaishnava Agama yang dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu Pancharatrika-agamasastra dan Vaikhanasa-agamasastra. Ada pula bagian mistik-esoterik dari Vaishnavisme yang disebut Bhagavata. Masyarakat Vaishnava dibagi lagi menjadi empat garis silsilah transmisi esoterik (Sampradaya) yaitu Srivaishnava, Brahma-Madhva, Rudra-Vishnuswami (Vallabhacharya), dan Kumara-Nimbarka. Walaupun dalam keempat garis silsilah ini ada perbedaan dalam beberapa poin teologis dan ritual, namun semuanya sama dalam pendekatan theistik serta konsep ketuhanannya. Mereka semua meyakini Tuhan Berpribadi dan memilih jalan devosi, pelayanan pengabdian suci cintakasih (bhakti), sebagai sarana utama menuju Pembebasan Sempurna yang Tertinggi.
Dalam tradisi Saiva dan Vaishnava, sekalipun terdapat pemahaman bahwa Brahman melampaui semua sifat dan definisi jasmaniah, namun Tuhan Tertinggi dipersonifikasikan sebagai Bentuk Maskulin. Aspek Feminin dari Tuhan merupakan personifikasi dari kekuatan-Nya, disebut Sakti. Vaishnava menerima bahwa Tuhan Yang Mahasempurna adalah perpaduan antara Energi (shakti) dan Energetik (shaktiman) dalam rupa Sri Sri Laksmi Narayana atau Sri Sri Radha Krishna. Sedangkan Saiva memuja-Nya sebagai Uma Maheshvara atau Siva-shakti. Di samping kedua tradisi ini ada yang mengutamakan pemujaan kepada Shakti. Mereka disebut para Sakta, yang menyembah Aspek Feminin Tuhan yang dikenal dengan nama Devi. Para Sakta atau pemuja Devi juga memiliki sistem religinya sendiri yang dirumuskan dalam Sakta-agama atau Sakti-tantra. Sehingga secara keseluruhan, masyarakat Hindu ortodoks dibangun oleh empat denominasi utama yaitu Vaishnava, Saiva, Sakta, dan Smarta.

Bagian masyarakat Hindu yang lain adalah Hindu Heterodoks. Heterodoks dalam hal ini adalah digunakannya rujukan-rujukan yang berbeda dari sumber-sumber yang diakui sebagai Vaidika maupun Tantrika. Boleh juga dikatakan mereka adalah yang menerapkan ajaran Hindu yang lebih bersifat lokal, di luar empat denominasi utama Hindu. Beberapa bangsa di dunia sudah mengembangkan bentuk-bentuk pemahaman tertentu terhadap fenomena-fenomena rohani. Tentang roh dan kekuatan yang lebih tinggi daripada kemampuan manusia, yang mengendalikan seluruh alam semesta. Ada banyak tradisi rohani yang mungkin sudah diterapkan dan diyakini oleh suatu bangsa itu, sebelum mendapatkan pengaruh Veda.

Ketika ajaran Veda mencapai tempat-tempat dan budaya rohani seperti itu, Veda tidak serta merta menghapuskan tradisi-tradisi ini. Seperti disebutkan sebelumnya, Veda dan para pengajarnya sangat menghargai potensi internal dan keunikan masing-masing individu. Mulai dari posisi mana-pun, dalam keadaan apapun, pada tingkat spiritual yang bagaimanapun, semuanya diterima dalam pelukan Sanatana Dharma. Veda akan memulai dari mana setiap orang siap secara rohani. Dia akan mengembangkan setiap unsur yang terdapat dalam budaya masyarakat tempatnya tumbuh, sampai mencapai kesempurnaan yang mereka butuhkan dan inginkan.

Jadi bukanlah hal yang aneh apabila Hindu dapat berkembang dalam berbagai bentuk yang unik dan berbeda di seluruh dunia. Selain itu umat Hindu meyakini bahwa suatu ketika pada jaman dahulu seluruh bumi ini menerima Veda dan Jalan Sanatana Dharma. Hanya karena pengaruh waktu saja, persatuan dan hubungan internasional ini menjadi terputus. Kami percaya bahwa setiap tradisi rohani yang ada di dunia seperti agama-agama suku (tribal religions) dahulu kala memiliki hubungan dengan ajaran Veda. Kepercayaan tradisional di berbagai belahan dunia, seperti agama asli Amerika, Skandinavia, Inggris, Cina, Jepang, Asia Tenggara dan sebagainya memiliki banyak kemiripan dengan aspek-aspek tertentu dalam ajaran Veda.

Tentu saja pada saat mereka kembali kepada Hindu, kami menganggap mereka sebagai anggota keluarga yang kembali lagi ke rumah. Sepanjang perpisahan yang panjang ini mereka tentu sudah mengembangkan tradisi spiritualnya sendiri yang tampak berbeda dengan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Hindu secara umum. Ini membuat berkembangnya bentuk religi Hindu yang bersifat heterodoks. Bagi Hindu sendiri ini bukanlah masalah. Secara perlahan-lahan mereka dapat memanfaatkan kembali ajaran apapun yang terdapat dalam Veda untuk membangun bentuk agama Hindu yang sesuai untuk keadaan mereka saat ini. Mengatakannya sebagai Hindu heterodoks tidak menjadikan sebagian umat Hindu yang mengikuti religi ortodoks menjauhi mereka atau menolak mereka. Justru di sinilah kita harus hidup bersama-sama secara harmonis, saling membantu mengembangkan potensi rohani kita masing-masing. Keyakinan yang bersifat heterodoks terhadap Veda dapat diterima sebagai anggota keluarga besar Hindu dalam batasan-batasan tertentu, seperti adanya pengakuan terhadap kebenaran sastra suci Veda. Sampai mereka siap menerima Veda sepenuhnya dan menjadi bagian dari tradisi ortodoks, tak seorangpun berhak merubah secara paksa tradisi rohani yang sudah mereka jalankan dari masa para leluhurnya itu.
 
@goesdun

yg bagan Sanathana Dharma terlihat rumit sekali yah :-O Apa maksudnya dari pembedaan warna kotak biru-kuning?

apakah semua bagian-bagian kecil tsb merupakan nama kitab?
semuanya berpusat dari Bhagawadita yah..
 
@goesdun

yg bagan Sanathana Dharma terlihat rumit sekali yah :-O Apa maksudnya dari pembedaan warna kotak biru-kuning?

apakah semua bagian-bagian kecil tsb merupakan nama kitab?
semuanya berpusat dari Bhagawadita yah..

Seperti kita ketahui Weda itu begitu luasnya.

Bhagawadgita dikenal sebagai kitab Gita Rahasia.
Bhagawadgita adalah salah satu Weda yang menguak tabir Rahasia Ketuhanan sehingga dengan demikian dengan mudahlah umatnya melaksanakan jalan lintas menuju kekekalan Brahman atau Nirwana Brahman atau Moksan.
 
@goesdun

kalo kitab kamasutra apakah termasuk salah satu bagian dari weda jg? :P
 
@goesdun

kalo kitab kamasutra apakah termasuk salah satu bagian dari weda jg? :P

Kamasutra diajarkan setelah pendidikan Weda dan Wedangga, artinya kamasutra ada di luar Weda dan Wedangga.
Kamasutra sebagai pengetahuan yang wajib diketahui dan menyeluruh oleh semua orang sebelum memasukkan massa Grahasta.

Tentu saja, Kamasutra sebaiknya digunakan sebagai pembelajaran setelah selesai tahapan mengenyam pendidikan/Brahmacari.
Dengan harapan setelah paham akan Weda dan Wedangga sebagai sumber ilmu pengetahuan tentu akan cerdas dalam masyarakat sosial-religius.

Saat memasuki kehidupan pernikahan, diharapkan semoga tidak menemui banyak masalah dan konflik.

Kamasutra akan menuntun bagi yang sudah memasuki Grahasta/Berumahtangga.
 

OM
Trayambakam Yajamahe
Sugandhim pusthiwardhanam
Urwa rukamiwa bahndhanan
Mrtyor mukshiyama amrtat


OM
Kami memuja Sewa Shiwa yang bermata tiga, Yang mengayom dan menebarkan wewangian di dalam kehidupan kita. Semoga Beliau membebaskan kami dari berbagai goncangan penderitaan, berbagai perubahan dalam kehidupan dan kematian . . . tanpa henti-hentinya. Ibarat jatuhnya buah brinjal (mentimun) yang telah masak dari batangnya secara kodrati, alami.
 
 URL Pendek:

| JAKARTA | BANDUNG | PEKANBARU | SURABAYA | SEMARANG |

Back
Atas.